Jumat, 13 Maret 2015

5 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Wasir

5 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Wasir - Wasir merupakan penyakit atau kelainan yang diakibatkan oleh pembesaran pembuluh darah di bagian bawah usus besar dan di sekitar dubur. Menurut ilmu anatomi, wasir sebenarnya bukan jenis penyakit akan tetapi sebuah perubahan pada bagian bantalan pembuluh darah di area dubur. Bantalan tersebut akan melebar dan membesar jika kondisi wasir semakain parah. Pengobatan wasir pada dasarnya dapat dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya sendiri. Jika wasir masih dalam tingkatan ringan, maka obat wasir ampuh tradisional bisa digunakan untuk menyembuhkan wasir secara alami. Berikut ini akan diulas beberapa resep herbal untuk mengatasi penyakit wasir.


Sosor bebek

Siapkan 50 helai daun sosor bebek yang telah dicuci bersih lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan. Lalu tumbuk halus daun yang telah kering dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat. Lalu seduhlah 1 sendok makan bubuk daun tersebut dalam 1 cangkir air panas. Aduk-aduk lalu diminum jika airnya sudah hangat. Ramuan daun ini dapat diminum sebanyak 3 kali sehari.


Tapak liman

Caranya dengan merebus ½ kg daun tapak liman di dalam 1.5 liter air mendidih. Sebaiknya gunakan panci dengan tutup yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Ketika air sudah cukup panas, angkat panci dan uap yang keluar dari lubang tutup panci kemudian diarahkan ke bagian lubang dubur. Lakukan terapai ini sebanyak 2 kali sehari.


Lidah buaya

Blender lidah buaya untuk dibuat jus dan Anda juga bisa menambahkan norit dan bubuk gambir. Aduk-aduk sampai merata lalu oleskan pada bagian wasir.


Terung ungu

Siapkan 15 gram akar terung ungu lalu keringkan dan giling sampai bubuk. Kemudian, 3 gram bubuk akar terung ungu dicampurkan dengan bubuk daun sambiloto dan jus lidah buaya. Lalu aduk sampai merata dan oleskan pada bagian wasir.


Pisang batu

Siapkan 3-5 pisang batu muda lalu diparut dan diperas. Air hasil perasannya ditambah pulosari dan gula aren/gula merah secukupnya. Kemudian aduk sampai merata, saring dan minumlah sebanyak 1-2 kali sehari secara rutin.