Senin, 16 Maret 2015

Mengenal Stadium Keparahan Wasir

Mengenal Stadium Keparahan Wasir - Meski wasir tidak tergolong kondisi medis yang berat, namun penyakit ini dapat mengganggu kenyamanan hidup para penderitanya. Wasir atau ambeien sering ditandai dengan rasa sakit setelah selesai buang air besar. Pola makan yang sangat kurang serat dapat memperparah kondisi penyakit wasir sehingga nantinya akan berkembang ke stadium lanjut. Wasir terjadi akibat pembesaran pembuluh darah balik (vena) yang ada di daerah anus. Saat ini sudah banyak obat wasir ampuh baik itu jenis pengobatan medis maupun pengobatan dengan bahan herbal. Berikut ini akan diulas tentang tingkat keparahan wasir yang dibagi ke dalam 4 stadium.


Stadium 1

Pada stadium awal ini, akan terjadi pembesaran pembukuh darah (vena) pada anus. Ukurannya tergolong masih sangat kecil sehingga tidak akan menimbulkan gejala yang berarti. Stadium 1 ini biasanya baru dapat terdeteksi saat diperiksa dengan menggunakan endoskopi. Akan tetapi, pada stadium ini terkadang sudah sering menimbulkan ketidaknyamanan ketika buang air besar.


Stadium 2

Pada stadium kedua ini pembesaran pembuluh darah sudah bisa teraba. Vena yang membesar sering keluar dari anus, namun masih bisa dimasukkan kembali secara spontan. Pada stadium ini biasanya tidak akan ada pendarahan. Penderita akan mengalami rasa sakit dan gatal akibat infeksi di anus. Rasa panas pun akan meningkat terutama ketika duduk terlalu lama dan sat buang air besar.


Stadium 3

Vena yang membesar akan sering keluar dari anus dan sudah tidak bisa dimasukan kembali secara spontan. Untuk memasukkannya, harus dengan bantuan jari. Akan timbul rasa panas ketika duduk terlalu lama atau saat buang air besar. Ketika ada kontraksi, vena yang sudah membesar bisa pecah dan kemudian menimbulkan pendarahan.


Stadium 4

Vena yang membesar sudah tidak bisa dimasukan kembali meski dibantu dengan jari. Pendarahan akan sering terjadi akibat vena yang kian membesar. Pada staium ini, pengidap wasir menjadi kekurangan darah dan penurunan hemoglobin.

Keempat stadium wasir diatas memerlukan perawatan dan pengobatan yang berbeda-beda. Secara umum, pengobatan wasir atau ambeien terdiri dari penyuntikan, pengikatan dan tindakan operasi.