Sabtu, 14 Maret 2015

Apa Saja Tanda dan Gejala Wasir?

Apa Saja Tanda dan Gejala Wasir? - Gaya hidup yang kurang aktif bergerak dan pola makan yang kurang serat beresiko menyebabkan penyakit wasir. Jika sampai terlambat menangani keluhan penyakit ini, maka akan memperparah kondisi wasir. Menurut data dari dari RSCM menyebutkan bahwa sebanyak 30 persen penderita gangguan pencernaan ternyta mengidap wasir. Wasir merupakan pembesaran pembuluh darah (vena) yang berada di sekitar anus, atau di bawah selaput pembatas rektum dengan anus. Meski bukan jenis penyakit yang bisa mengakibatkan kematian, wasir yang parah bisa menurunkan kualitas hidup para penderitanya. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui apa saja obat wasir ampuh yang dapat menyembuhkan penyakit ini dengan efektif.

Selain itu, kita harus mengenali gejala dan tanda wasir supaya bisa segera memperoleh penanganan yang tepat dan cepat. Tanda-tanda penyakit wasir pada umumnya tidak bisa terdeteksi sejak dini. Berikut ini beberapa tanda penyakit wasir atau ambeien yang sering menimpa penderitanya.


Rasa panas di bagian anus

Ketika duduk terlalu lama atau setelah buang air besar, biasanya akan terasa panas pada sekitar anus. Rasa panas tersebut muncul akibat adanya penekanan pada pembuluh darah (vena) yang ukurannya sudah mulai membesar.


Darah

Jika ada darah segar pada kertas toilet atau pada tinja, maka itu merupakan tanda penyakit wasir. Jika mengejan terlalu keras, maka pembuluh darah bisa membesar dan bahkan pecah. Pembuluh darah yang pecah inilah yang menyebabkan adanya darah ketika mengejan.


Tonjolan

Pembesaran pembuluh darah (vena) juga bisa ditandai dengan adanya tonjolan yang keluar dari bagian anus. Jika sudah ada tonjolan, maka wasir yang diderita telah memasuki tahap selanjutnya. Jika tonjolan masih bisa dimasukkan dengan spontan ke dalam anus, maka wasir yang diderita belum terlalu parah namun tetap harus mendapatkan penanganan dengan segera.


Sakit dan Gatal


Jika sering merasa sakit setelah buang air besar,maka bisa menjai tanda telah menderita wasir. Pembuluh darah yang pecah bisa diakibatkan oleh adanya penekanan dari feses. Rasa gatal ini dapat dipicu oleh infeksi luka pada pembuluh darah yang sudah pecah. Anus adalah tempat bermuaranya feses sehingga kemungkinan untuk terjadi infeksi sangat besar.