Selasa, 17 Maret 2015

Penggunaan Gadget Ternyata Bisa Menyebabkan Wasir

Penggunaan Gadget Ternyata Bisa Menyebabkan Wasir - Saat ini fenomena ponsel pintar atau smartphone di kalangan masyarakat memang sudah sangat luar biasa.  Gadget canggih seperti Blackberry, Android dan iPhone sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan setiap orang. Di balik kecanggihannya,  ternyata gadget ini bisa mendatangkan resiko dan efek yang negatif bagi kesehatan. Hasil riset banyak yang mengaitkan efek radiasi dari  gadget dengan berbagai penyakit seperti tumor dan kanker.

Sebuah laporan terbaru Inggris menyebutkan bahwa penggunaan gadget dapat meningkatkan resiko penyakit wasir atau ambeien. Ternyata perilaku penggunaan gadget yang sudah akut bisa menyebabkan timbulnya penyakit wasir. Misalnya, ketika pergi ke toilet maka bisa menjadi kesempatan untuk menggunakan ponsel dalam waktu yang lama. Seringkali pengguna gadget jadi lupa diri akibat asyik bermain games, chatting atau browsing internet. JIka sudah terserang wasir dengan stadium parah, maka harus segera ditangani degan obat wasir ampuh herbal ataupun obat wasir medis.

Duduk pada permukaan dingin dan keras dalam waktu yang lama bisa meningkatkan resiko timbulnya wasir. Jadi sebaiknya kurangi penggunaan gadget ketika berada di dalam toilet. Di sisi lain, tidak hanya bagian anus saja yang terancam akibat penggunaan gadget yang berlebihan.  Beberapa bagian tubuh lain pun bisa mengalami gangguan kesehatan jika tidak bijak dalam menggunakan gadget. Sejumlah dokter di Amerika mengidentifikasi gejala yang disebut "ringxiety". Gejala ini merupakan kondisi dimana seseorang akan merasakan dirinya seolah-olah mendengar suara ponsel yang berbunyi. Padahal sebenarnya suara itu tidak pernah ada atau tidak berbunyi sama sekali.  Hasil riset menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen pengguna gadget akan menderita gangguan tersebut. 

Para peneliti di India mengungkakan bahwa mereka yang sering mendengarkan musik dari headset yang terhubung dengan gadget memiliki resiko besar untuk mengalami kontaminasi bakteri di dalam telinga. Memakai headset akan membuat rongga atau saluran telinga menjadi hangat dan lembab sehingga kuman pun akan berkembang dengan lebih cepat. Gerakan berulang-ulang dari telunjuk dan jempol bisa menyebabkan cedera dan otot-otot pun menjadi tegang. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit pada jari dan sendi-sendi. Disarankan agar selalu rehat  atau jeda terlebih dulu setelah menggunakan gadget selam 30 menit.