Senin, 16 Maret 2015

Cara Mengobati Wasir Sendiri Dengan Mudah

Cara Mengobati Wasir Sendiri Dengan Mudah - Wasir atau ambeien merupakan varises yang biasanya terletak di sekitar area anus. Jika terjadi iritasi atau pembengkakan, maka wasir bisa sangat menyakitkan dan mengganggu. Wasir sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Akan tetapi jika wasir sudah sangat menyakitkan, maka para penderita wasir harus segera melakukan upaya untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meringankan berbagai keluhan akibat wasir.

Gunakan obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit serta peradangan. Anda bisa memilih krim oles, tablet oral, dan supositoria anus. Pemberian gel lidah buaya pada area anus juga bisa membantu mengurangi peradangan akibat wasir. Cara lainnya adalah dengan obat wasir ampuh alami yang berbahan dasar daun ungu. Daun ungu merupakan tanaman yang aslinya berasal dari Polinesia dan New Guinea. Daun ungu kaya akan kandungan saponin, alkaloid dan glikosida yang sangat efektif untuk menghambat peradangan. Selain itu, daun ungu juga dipercaya mampu membantu proses pencernaan dan membuat tinja menjadi lunak. Efek anti-inflamasi dari senyawa saponin terbukti cukup ampuh untuk mengatasi wasir ringan maupun yang sudah parah.

Bersihkan area anus dengan baik setelah selesai buang air besar. Sebaiknya penggunaan sabun dihindari ketika membersihkan anus karena beresiko meningkatkan iritasi. Untuk mengeringkan area sekitar wasir, Anda dapat memakai tisu lembut yang sering dipakai oleh bayi. Selain itu, Anda bisa mengurangi rasa nyeri akibat wasir dengan cara duduk dalam air hangat sebanyak 3-4 kali dalam sehari selama 10-15 menit. Anda bisa juga menerapkan kompres dingin/kantung es pada area sekitar dubur selama 10 menit dan 3-4 kali dalam sehari. Terapi ini sangat dianjurkan untuk mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah.


Untuk asupan makanan, pilih jenis makanan yang kaya akan serat seperti sayuran, buah dan biji-bijian. Perbanyak juga meminum air putih untuk menghindari perut sembelit. Hindari berbagai jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Jika wasir masih terasa menyakitkan setelah terpai pengobatan sendiri ini,  maka seger berkonsultasi dengan dokter ahli untuk memperoleh perawatan yang lebih intensif.